Produk

Beranda Produk Recycling Product

Recycling Product

admin | Tanggal : 13 Mar 2019

Recycle adalah salah satu bagian dari 3R (reuse, reduce, dan recycle). Secara singkat, recycle dapat diartikan sebagai daur ulang. Pengertian ini berarti merupakan sebuah proses mengolah kembali sampah atau benda-benda bekas menjadi barang atau produk baru yang memiliki nilai manfaat.

 

Kegiatan recycle bersama dengan reuse (menggunakan kembali) dan reduce (mengurangi penyebab sampah) menjadi solusi terbaik dalam menghadapi sampah. Bahkan hingga sekarang tetap menjadi cara terbaik dalam pengelolaan sampah dengan berbagai permasalahan yang ditimbulkannya.

 

Dengan melakukan recycle atau daur ulang, benda-benda yang sebelumnya tidak bermanfaat dan menjadi sampah bisa diolah menjadi barang-barang baru yang memiliki manfaat dan kegunaan baru. Fungsi barang pada saat sebelum dan sesudah melalui proses recycle bisa jadi akan berbeda. Sebagai contoh, semisal sebuah botol air kemasan yang semula menjadi wadah air minum, setelah di-recycle berubah menjadi pot sebagai tempat menanam tanaman hias atau diubah menjadi wadah pensil dan lain-lain. Contoh recycle lainnya adalah sampah dedaunan dan organik lainnya diolah menjadi pupuk kompos. 

 

Untuk mempermudah proses recycle maka disediakanlah Bank Sampah seperti halnya di kota tebing tinggi pusat kreasi daur ulang atau bisa disebut recycle produk yang terletak di kelurahan bandar sakti kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi.

© 2018, Dinas Perumahan Permukiman dan Kebersihan, Design & Developed By : BP Web Media Teknologi